Skip to main content
Transkip

Menurut ibu, dari semua program IWAPI, mana yang paling berdampak signifikan?

By February 1, 2019April 22nd, 2021No Comments

Wawancara Sejarah Lisan Dewi Motik Pramono (Ketua Umum IWAPI Periode 1982-1992)

Lokasi Wawancara : Jalan Surabaya No. 34-36 Menteng, Jakarta Pusat
Waktu Wawancara : Jum’at, 1 Februari 2019, Pukul 10.00 – 11.30

Pertanyaan (P): PT. Arish Rulan bergerak di bidang apa ya bu?

Jawaban (J): PT. Arish Rulan distributor semen. Jalan Gatot Subroto, Thamrin sampai Sudirman itu yang mensuplai semen adalah saya tahun 1973. Yang paling lucu saya mau ketawa, saya pakai pick up, jeans, T-shirt, belakangnya semen. Semen Ssyangnyong (korea), Thailand dan Gresik dari Indonesia.

Saya belum lama juga mendukung perintisan masyarakat robotic Indonesia.

Saya kemarin bertemu Pak Moeldoko, saya utarakan kepada beliau, negara kita yang kepulauan ini kotor dan jorok banget. Cepat atau lambat perairan itu akan kotor dan merusak kita.

 

(P): Foto Tahun 1976 ini dalam rangka apa ya Bu?

(J): Delegasi Spanyol datang ke Indonesia untuk workshop ketika itu. Kami balas kunjungan. Saya bawa rombongan ke Spanyol dan bertemu PMR di sana. Saya bertemu dengan Queen Sophia. IWAPI penyelenggaranya.

(P): Menurut ibu, dari semua program IWAPI, mana yang paling berdampak signifikan?

(J): Training di bidang ekspor dan impor untuk UKM, jadi mereka berani pemasaran ke luar. Mereka dibimbing di BPEN, seperti packaging, exchange manajemen dan hubungan ke bank juga kita tingkatkan.

Kalau kamu lihat saya jarang difoto, karena saya memang banyak di belakang layar, saya lebih kepada operation. Saya mencari dana atau sponsor dan lain sebagainya. Jadi ketika saya harus ganti Yu Kemala, saya bisa meneruskan, seperti mencari sponsor. Begitu juga dengan Pusat Pendidikan IWAPI, kita langsung berikan ilmu-ilmu setelah pelatihan, passion saya mengajar jadi saya senang.