JAKARTA (Suara Karya): Pendiri Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Dewi Motik Pramono, mengajak pengusaha kafe dan restoran seluruh Indonesia menguatkan kuliner nusantara. Ragam kuliner diberbagai daerah, dinilai akan lebih banyak menarik kunjungan turis ke berbagai daerah di Indonesia.

Dikatakan Dewi, Indonesia memiliki tradisi kuliner terkaya di dunia yang memiliki ciri khas rasa yang kuat. Bahkan, beragam makanan khas Indonesia ini juga mencerminkan budaya dan tradisi nusantara.

“Kuliner khas disetiap daerah, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan wisata kuliner nomor satu di dunia,” kata Dewi di Batavia Cafe, Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Senin (7/1/2019).

Dia mencontohkan, Batavia Cafe merupakan salah satu restoran modern yang menyuguhkan menu tradisional khas Jakarta, diantaranya soto Betawi dan pecak ikan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia, yang juga sebagai pemilik Batavia Cafe Susanty Widjaya mengatakan selain makanan khas Jakarta, restoran miliknya juga menyediakan kopi dari berbagai daerah di Indonesia.

“Yang juga menjadi khas di restoran kami adalah kopi selfi. Maksudnya, pembeli bisa melihat wajahnya sendiri pada kopi yang disuguhkan,” kata dia.

Dikatakan Susanty, untuk kedepannya diharapkan Batavia Cafe bisa hadir di pulau lainnya dimana makanan Indonesia akan tetap menjadi menu yang paling utama.

Untuk diketahui, Batavia Cafe Bintaro diresmikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya pada 28 februari 2018. Adapun tujuan dibukanya restoran ini adalah untuk memberikan tempat kuliner bagi generasi muda, agar bisa menikmati hidangan dan kopi nusantara. (Andara Yuni)